13 September 2018
19:17 WIB
Editor: Agung Muhammad Fatwa
JAKARTA – Mewujudkan semangat Indonesia Incorporated demi kemajuan pariwisata, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Telkomsel meluncurkan kartu simPATI Tourist Wonderful Indonesia.
Kartu perdana tersebut, didesain sesuai dengan spesifikasi layanan yang dibutuhkan oleh wisatawan mancanegara (wisman).
“Kolaborasi Kemenpar dan Telkomsel ini merupakan bagian sinergi pentahelix (akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas, dan media) sebagai kekuatan untuk pencapaian target 20 juta wisman”, kata Menteri Pariwisata Arief Yahya seperti dikutip dari rilisnya, Kamis (13/9).
Hal itu disampaikan Arief saat peluncuran simPATI Tourist Wonderful Indonesia di Telkomsel Smart Office, Jakarta, pada Kamis pagi.
Kehadiran simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini diharapkan memudahkan traveller untuk melakukan koneksi internet di berbagai wilayah di Indonesia sesuai dengan kebutuhan mereka.
“Generasi milenial, lebih dari 70% customer adalah digital traveller, karena itu digital media effectiveness 4 kali lipat. Untuk review, book and pay. Bisa kita lihat pada TripAdvisor, Traveloka, AliPay,” ungkap Arief.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan bahwa kartu perdana simPATI Tourist Wonderful Indonesia merupakan salah satu wujud dukungan Telkomsel bagi program Wonderful Indonesia dari Kemenpar.
“Paket komunikasi di simPATI edisi spesial ini dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi wisman selama berada di Indonesia,” terang Sukardi.
Sukardi menambahkan, di samping membangun jaringan hingga ke pelosok, Telkomsel juga akan meningkatkan kualitas jaringan di destinasi wisata utama Indonesia.
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan wisatawan, yang selama berada di lokasi wisata selalu aktif menggunakan layanan komunikasi dan akses internet.
“Dengan begitu, kami harap layanan Telkomsel dapat turut mendukung percepatan agenda kepariwisataan Indonesia dalam memberikan best tourist experience di Indonesia bagi wisman”, pungkas Sukardi.
Sekadar informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisman Indonesia pada tahun 2017 mencapai 14.039.700 pengunjung. Angka tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya menembus 11.519.275 wisman.
Untuk diketahui, simPATI Tourist Wonderful Indonesia memiliki 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia. Kartu perdana ini bisa didapatkan pada mitra pariwisata nasional yang berhubungan dengan wisman.
Dibandrol dengan harga Rp100 ribu, kartu perdana ini berisi 10 GB kuota internet, 300 menit layanan suara serta 300 SMS yang dapat digunakan antar operator internasional maupun domestik dengan masa berlaku selama 14 hari.
Lewat kartu perdana simPATI edisi spesial ini, wisatawan juga dapat melakukan pembelian ulang paket yang tersedia dengan harga Rp50 ribu hingga Rp100 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel maupun menu akses *363#.
Sebagai official partner Wonderful Indonesia, Telkomsel juga menghadirkan pengalaman digital tourism di Indonesia dengan menyediakan metode pembayaran digital TCASH di berbagai titik wisata.
Telkomsel juga akan melakukan penguatan jaringan broadband 4G untuk memastikan kualitas dan ketersediaan akses internet di 10 titik destinasi wisata utama.
Lebih rinci, titik destinasi wisata utama tersebut meliputi Morotai (Maluku), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), hingga Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur).
Tidak hanya di timur Indonesia, jaringan broadband 4G ikut merambah wilayah barat seperti Bromo (Jawa Timur), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung (Banten), Tanjung Kelayang (Belitung), bahkan kawasan wisata Danau Toba di Sumatera Utara.
Melalui media promosi yang ditempatkan di berbagai saluran touch point, Telkomsel pun turut serta membantu meningkatkan awareness masyarakat tentang destinasi wisata Indonesia. Saluran touch point itu seperti GraPARI, situs resmi Telkomsel, dan aplikasi digital MyTelkomsel.
Telkomsel juga memiliki program bundling travel package dengan simPATI Tourist serta solusi bisnis digital berupa Location Based Advertising (LBA) dari Telkomsel MyAds dan Hi!Rest Solution.
Lebih rinci, program tersebut disediakan bagi institusi yang tergabung di dalam asosiasi di bawah Tim Pelaksana Visit Wonderful Indonesia seperti operator tur, agen travel, hotel, perusahaan transportasi, dan taman hiburan.
Nantinya, layanan MyAds akan membantu pemasangan iklan yang tepat sasaran untuk mendukung pemasaran bisnis institusi terkait.
Sedangkan Hi!Rest Solution menghadirkan aplikasi penunjang ekosistem digital kepariwisataan untuk hotel melalui penyediaan layanan in-room service bagi pelanggannya. (Shanies Tri Pinasthi)