26 April 2018
13:01 WIB
Editor: Agung Muhammad Fatwa
LONDON - Paviliun pesona Indonesia dalam gelaran pameran pariwisata internasional B-Travel di Fira Barcelona, Spanyol menjadi stan favorit sepanjang hari penyelenggaraannya. Sebagai info, B-Travel merupakan ajang pameran tahunan asal negeri matador, yaitu Spanyol yang sudah berlangsung sebanyak 25 kali, dan tahun ini sudah dilaksanakan sejak 20 April hingga 22 April 2018 bertempat di Barcelona.
Pameran ini berfokus pada sektor pariwisata dan penjualan jasa travel, dan selalu diandalkan oleh banyak perusahaan sebagai platform bisnis, dalam membangun koneksi antara pelaku usaha lain, serta membantu konsumen secara langsung untuk mewujudkan liburan impiannya.
Tercatat, sebanyak 200 peserta termasuk agen perjalanan, hotel, operator pelayaran, perusahaan transportasi dan perusahaan jasa pariwisata berpartisipasi dalam B-Travel. Keseluruhan paviliunnya tersebar pada area pameran seluas 5.000 meter persegi.
Dengan jargon “Wonderful Indonesia” yang selama ini digencarkan oleh Kementerian Pariwisata, stand Indonesia dengan megah berdiri sepanjang pelaksanaan B-Travel 2018. Paviliun Indonesia diisi oleh travel agent Come2Indonesia dan Catur Expediciones yang menawarkan dan menjual sejumlah paket-paket promosi perjalanan destinasi wisata unggulan seperti Bali, Kalimantan, Pulau Komodo, Raja Ampat, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Flores dan Jawa.
Tidak sia-sia, keberadaan stand Indonesia mampu menghasilkan antrean panjang warga Spanyol yang haus akan informasi destinasi wisata unggulan Indonesia.
"Minat masyarakat Spanyol berlibur dan melakukan perjalanan wisata ke Indonesia cukup tinggi dengan banyaknya permintaan materi promosi pariwisata dan budaya Indonesia," sebut Penerangan Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Madrid, sebagaimana yang dilansir dari Antara (26/4).
Booklet seperti Un Viaje a Indonesia, Tourist Map, Calender Event, The Wonders Of Adventures In Indonesia, The Wonders Of Ecoturism Indonesia, Indonesia Spa Destination, Shopping Guide In Indonesia, Leaflet Garuda Indonesia, DVD Bienvenidos A Indonesia, Topi Dan Pin Wonderful Indonesia laris diburu pengunjung.

Kuasa Usaha ad interim KBRI Madrid, Adi Priyanto mengatakan keikutsertaan Indonesia pada Pameran B-Travel 2018 merupakan inisiatif KBRI Madrid. Hal ini untuk mendukung upaya menaikkan jumlah wisatawan asing ke Indonesia, hingga mencapai 20 juta wisatawan tahun 2019 dan memperkuat program diplomasi ekonomi.
“Partisipasi Indonesia dengan membuka paviliun dan mengundang travel agent dimaksudkan agar lebih banyak lagi destinasi unggulan dipasarkan di Spanyol, selain mendorong kerjasama Business to Business antar industri pariwisata Indonesia-Spanyol,” terang Adi.
Direktur Operasional Catur Expediciones Alfonso Carrasco menyampaikan, perusahaannya selama tiga hari pameran telah mendapat 84 inquiries dan pemesanan paket wisata sejumlah 30 transaksi.
“Satu transaksi bernilai €3.500, pengunjung rata-rata memiliki anggaran biaya sebesar €130 per hari, dengan masa traveling antara 15 hari hingga satu bulan,” rinci Alfonso.
Secara nasional, sepanjang tahun 2017 pariwisata Indonesia mampu menarik hati 80.942 wisatawan Spanyol, tahun ini ditargetkan sebanyak 100.000 warga Spanyol dapat hadir menikmati destinasi wisata Indonesia.
Sebagai informasi tambahan, menurut data Fira Barcelona sebagai penyelenggara utama, pameran B-Travel 2018 ini dihadiri lebih dari 30.000 pengunjung dan tahun ini mengalami peningkatan pengunjung sebesar 10% dibandingkan 2017. (Shanies Tri Pinasthi)