c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

22 Februari 2019

19:17 WIB

AirAsia-PermataBank Garap Kartu Khusus Pelancong Milenial

Kerja sama ini ditargetkan menumbuhkan 1 juta anggota aktif dalam aplikasi AirAsia BIG

AirAsia-PermataBank Garap Kartu Khusus Pelancong Milenial
AirAsia-PermataBank Garap Kartu Khusus Pelancong Milenial
AirAsia Deputy CEO of Digital and Technology, Aireen Omar (kelima kanan) dan Director Retail Banking PermataBank, Djumariah Tenteram (kelima kiri) hadir saat meluncurkan AirAsia Debit Card dan AIrAsia Credit Card di Kaum Jakarta, Jumat (22/2). Validnews/Monica Balqis

JAKARTA – Peluang pasar menjanjikan yang datang dari gaya hidup kaum milenial yang senang berekreasi tidak hanya ditangkap oleh industri penerbangan, tetapi juga perbankan. Dengan menggandeng PermataBank, Air Asia meluncurkan kartu debit dan kredit khusus guna memudahkan pengalaman melancong para milenial.

“Peluncuran AirAsia Debit Card dan AirAsia Platinum Credit Card bersama PermataBank hari ini merupakan bagian dari rencana strategis untuk mentransformasi AirAsia BIG menjadi BIGLIFE, sebuah platform digital yang menjawab semua kebutuhan traveling dan gaya hidup traveler,” ujar AirAsia Group Deputy CEO of Digital and Technology, Aireen Omar kala di Jakarta, Jumat (22/2).

Teruntuk produk kartu debit AirAsia, Aireen menuturkan, pihaknya hanya merilisnya bagi pelanggan Air Asia di Indonesia. Sementara untuk produk kartu kredit, kerja sama ini terlebih dahulu sudah dijalin dengan bank-bank besar di kawasan Asia Tenggara lainnya, yakni RCBC Bank di Filipina dan Hong Leong Bank di Malaysia.

Ia meyakini, masyarakat saat ini kerap diharuskan untuk bergerak cepat dalam meyesuaikan diri dengan gaya hidup di tengah pertumbuhan ekonomi. Peluang pasar ini ditangkap oleh AirAsia untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dengan didukung penerapan teknologi.

“Dengan kartu ini, pelanggan bisa semakin menikmati hobi travelling karena bisa mengumpulkan poin lebih cepat dan terbang lebih jauh ke 140 destinasi AirAsia di Asia-Pasifik,” imbuhnya.

Baik kartu kredit maupun kartu kredit khusus AirAsia tersebut memberikan beberapa layanan yang memfasilitasi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup traveler. Dimulai dari pemesanan tiket pesawat, hotel, pilihan aktivitas, belanja, kuliner, hingga akses ke layanan konten.

Aireen mengatakan, pihaknya menargetkan kerja sama dengan PermataBank dapat menjangkau 1 juta anggota aktif yang tergabung dalam aplikasi AirAsia BIG. Di mana saat ini jumlah anggota aktif AirAsia Big sudah berada di kisaran 1,5 juta orang.

Dalam kesempatan yang sama, Director Retail Banking PermataBank, Djumariah Tenteram mengatakan kerja sama dengan AirAsia dapat terjalin karena kedua belah pihak memiliki kesamaan visi. Baik AirAsia maupun PermataBank fokus terhadap pengembangan layanan digital juga mencapai kepuasan konsumen.

“Kita melihat AirAsia sebagai airline itu punya tagline Now Everyone Can Fly atau semua orang bisa terbang. Kita juga bisa mendukung tagline itu untuk mewujudkan semua orang bisa punya kartu,” ujar Djumariah.

Kepercayaan AirAsia untuk bekerja sama dengan PermataBank dikatakan dengan melihat kinerja PermataBank dalam perbankan digital. Pertimbangan lain karena bank ini bekerja sama dengan jaringan Visa sehingga bisa melayani masyarakat Indonesia kala melancong ke luar negeri.

Ia meyakini, kerja sama dengan AirAsia ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan performa PermataBank, mulai dari peningkatan nasabah kartu debit dan kartu kredit juga melalui berbagai macam transaksi.

“Kartu ini bisa menjadi solusi bagi para traveler yang ingin bepergian tanpa harus khawatir masalah finansial,” pungkasnya.

Hal ini dikarenakan, sambung Djumariah, produk kartu yang baru diluncurkan memungkinkan para pelancong Tanah Air bepergian dengan lebih hemat dan aman melalui berbagai keuntungan yang bisa ditukarkan sesuai dengan jumlah poin. Mulai dari tiket penerbangan AirAsia gratis hingga mengakses promo AirAsia secara eksklusif.

Untuk diketahui, Air Asia telah mengalami pertumbuhan positif sejak pertama kali beroperasi tahun 2001 hingga saat ini. Di mana tercatat maskapai ini sudah melayani 500 juta penumpang dan aset pesawat yang juga tumbuh mencapai 200 unit. Maskapai penerbangan asal Malaysia ini juga dinobatkan sebagai maskapai berbiaya rendah terbaik selama 10 tahun berturut-turut menurut Skytrax.

Sementara itu, PermataBank juga mengalami pertumbuhan yang siginifikan dengan melayani lebih dari 2 juta nasabah per Desember 2018. Untuk saat ini, PermataBank tengah mengintensifkan layanan perbankan digital yang komprehensif dengan meluncurkan aplikasi serta berkerja sama dengan berbagai pihak.

“Agenda digitalisasi perbankan dikembangkan untuk membangun ekosistem dan infrastruktur digital secara berkesinambungan yang bisa meyentuh semua lapisan nasabah. Langkah ini juga bertujuan agar bisa mewujudkan visi PermataBank menjadi bank yang simple, fast, reliable,” tutup Djumariah. (Monica Balqis)

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar