c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

CATATAN VALID

06 Juli 2022

17:00 WIB

Sejarah Lahirnya Bus

Bus memiliki sejarah yang panjang. Moda transportasi publik ini pertama kali dibuat pada tahun 1662 di Perancis dengan sistem penggerak memakai tenaga kuda.

Penulis: Kevin Sihotang

Sejarah Lahirnya Bus
Sejarah Lahirnya Bus
Ilustrasi Bus AKAP Nusa Provinsi di Yogyakarta. Sumber: Shutterstock/Ikhsan Wibowo

Bus, sudah sekian lama menjadi moda transportasi banyak orang untuk berpindah dari satu titik ke titik lain. Kehadirannya dapat menjadi alternatif untuk bepergian jarak jauh selain kereta api. 

Terlebih, sekarang sudah banyak perusahaan bus yang menyediakan bus dengan spek dan fasilitas mewah, untuk membuat penumpangnya merasa nyaman selama di perjalanan. Tak hanya untuk perjalanan jarak jauh, bus juga sudah sekian lama menjadi pilihan utama dalam mobilitas di perkotaan. 

Sejarah bus

Di negara maju seperti Amerika Serikat pun, sampai saat ini, masih banyak warga yang memilih menggunakan bus sebagai transportasi sehari-hari. Berdasarkan data 2019 dari Biro Sensus Pemerintah AS, sebanyak 46,3% dari total komuter yang ada di AS atau sekitar 3,6 juta orang, memilih bus sebagai moda transportasi utama mereka. 

Bus Pertama 

Lalu, bagaimana bus bisa tercipta dan terus berperan di dunia transportasi sampai saat ini? Merujuk sejarahnya, bus publik pertama ternyata dibuat pada tahun 1662 di Perancis. Kala itu, seorang ilmuwan bernama Blaise Pascal menciptakan sistem transportasi kereta kuda yang melintasi jalan-jalan Kota Paris yang berjalan sesuai jadwal. Ya, bus yang dimaksud di sini berupa gerbong besar yang digerakkan dengan tenaga kuda.

Namun, inovasi bus Pascal ini dinilai sebagai produk gagal. Pasalnya, gerbong bus menyasar kaum bangsawan yang justru merasa tidak memerlukan bus saat itu. Alhasil, konsep bus Pascal ini pada akhirnya memudar.

Baca juga: Potensi Bus Listrik Bantu Perbaiki Kualitas Udara

Baru 150 tahun kemudian, atau tepatnya pada 1826, bangsa Perancis kembali berinovasi membuat bus yang mereka sebut dengan omnibus. kabin berbentuk kereta ini dapat menampung 42 penumpang dengan digerakkan oleh tiga ekor kuda. Bedanya, rakyat jelata diizinkan menaiki gerbong omnibus. Pada tahun 1828, konsep omnibus ini meluas ke AS khususnya di Kota New York.

Ohya, istilah “bus” sendiri berasal dari kata “omnibus” itu yang dalam bahasa Latin berarti “untuk banyak (orang)” atau “semua”. Dalam bahasa Perancis, kata “omnes” merujuk pada rute bus di Kota Paris.


Pekerja menyelesaikan pengelasan rangka bus di pabrik Karoseri Laksana Bus, Ungaran. dok. Antara Foto

Lahirnya Trem

Pada tahun 1873, seorang pebisnis bernama Andrew Smith Hallidie, menginisiasi pembuatan bus yang digerakkan menggunakan kabel yang digerakkan oleh sebuah motor atau mesin yang berada di ujung rute. Bus yang satu ini juga biasa disebut kereta gantung atau cable car. Andrew Smith Hallidie pun menjadi pemilik hak paten dari kereta gantung. 

Akan tetapi, sistem kereta gantung ini ternyata tidak dinilai aman, karena kabelnya mudah putus. Untuk alasan itu, kereta gantung dibatalkan untuk penggunaan umum. 

Sepuluh tahun kemudian, mulai ditemukan bus troli atau trem. Ini adalah omnibus yang bergerak di atas dengan tenaga listrik sebagai penggeraknya. Trem menjadi populer karena sanggup menempuh jarak lebih jauh dengan ongkos yang lebih murah.

Baca juga: DAMRI Operasikan 145 Armada Bus Untuk Jamaah Haji

Bus Modern

Pada tahun 1895, Karl Benz, ilmuwan asal Jerman yang juga pendiri perusahaan Mercedes-Benz, mendesain bus modern (motorized bus) pertama di dunia. Konsep bus ini yang kita kenal hingga saat ini. Namun, pada 1906, bangsa Perancis curi start dengan menjadi pionir yang membuka rute bus modern pertama di dunia. 

Kendati demikian, konsep bus Perancis ini ternyata masih gagal. Body-nya dinilai terlalu kecil dan tidak memberikan kenyamanan pada penumpang ketika ia dijalankan. 

Kemudian pada tahun 1951, Mercedes Benz mendesain bus dengan mesin penggerak belakang (rear-end engine) dengan body bus yang lebih lega. Model ini akhirnya disukai banyak orang. Seiring berjalannya waktu, penggunaan bus semakin meluas, seperti untuk transportasi dalam kota, transportasi pinggiran kota, antar kota, hingga bus sekolah, tak terlepas juga Indonesia. 

Memang, beberapa tahun lalu, di Indonesia khusus Jakarta, bus sempat 'ditinggalkan' karena lekat dengan citra bobrok, banyak copet dan seabrek kejadian kriminal. Namun, belakangan kondisi tersebut sudah mulai berubah, khususnya setelah kehadiran Bus TransJakarta yang lebih rapi, terjadwal, lebih nyaman dan aman. 

Kondisi ini pun menjadi katalis positif buat dunia transportasi umum yang ikut membaik. Kini, sudah lazim kita temui desain bus yang semakin modern, canggih, nyaman dan punya banyak fasilitas yang memanjakan penumpang seperti konsep sleeper bus yang ditawarkan beberapa perusahaan otobus (PO). Ekosistem yang tumbuh baik ini pun membuat konsep bus listrik, lebih mudah dterima publik.

Referensi:

Bus.com (2020). A brief history of buses. Diakses dari: https://www.bus.com/blog/a-brief-history-of-buses/#:~:text=Karl%20Benz%20engineered%20the%20first%20motorized%20bus%20in%201895


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar