c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

CATATAN VALID

15 Juli 2025

16:45 WIB

Sejarah Dan Waralaba Gym Tersukses Di Dunia

Pusat kebugaran atau gym umum pertama di dunia dibuka pada tahun 1800-an. Di era modern, Gold’s Gym tercatat sebagai waralaba gym tersukses di dunia.

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Rikando Somba

<p>Sejarah Dan Waralaba <em>Gym</em> Tersukses Di Dunia</p>
<p>Sejarah Dan Waralaba <em>Gym</em> Tersukses Di Dunia</p>

Ilustrasi Pusat Kebugaran/Gym. Shutterstock/WUT.ANUNAI

Berolahraga di gym sudah menjadi hal umum di sebagian kalangan masyarakat. Sekadar menjaga kebugaran tubuh, berupaya menurunkan berat badan, atau sekadar ikut-ikutan untuk konten media sosial semata, menjadi berbagai alasan banyak orang pergi ke gym

Sebenarnya sejak kapan sih budaya nge-gym mulai dilakukan manusia? Tapi sebelum ke sana Sobat Valid, kita perlu melihat definisi dari gym itu sendiri. 

Mengutip Cambridge Dictionary, kata gym merupakan akronim dari gymnasium atau gimnasium yang merujuk pada suatu tempat di mana orang-orang melakukan latihan fisik dengan menggunakan alat-alat atau mesin tertentu. Dalam Bahasa Inggris, gym juga kerap disebut sebagai fitness center atau health club

Sejatinya tidak ada yang mengetahui secara pasti sejak kapan persisnya latihan fisik menjadi bagian dari gaya hidup manusia. 

Namun dalam sejarahnya, orang-orang Persia sudah mengenal konsep latihan fisik sejak 3.000 tahun yang lalu. Di era ini, diyakini ada tempat serupa gym yang disebut zurkhaneh. Namun, tempat ini lebih berfokus pada latihan tradisional dan olahraga ketahanan, bukan pada mesin latihan.

Orang-orang Mesir Kuno juga sudah melakukan latihan fisik, termasuk gerakan-gerakan akrobatik, sejak 4.000 tahun yang lalu atau 2.000 tahun sebelum Masehi. Dari sini, gerakan latihan fisik terus menjalar dan berkembang ke belahan dunia lain, termasuk bangsa China dan Yunani. 

Melansir laporan Les Mills dan HFE, tahun 1799 menjadi tahun di mana gym pertama di dunia, yang dilengkapi berbagai perlatan olahraga, diciptakan. Gym ini milik seorang pesenam asal Denmark bernama Franz Nachtegall. Namun, gym ini tidak dibuka untuk umum, hanya untuk kalangan pesenam profesional. Di dalamnya terdapat berbagai peralatan sederhana untuk melatih lompatan, ada barbel dari kayu, hingga fitness/medicine ball, bola berukuran besar yang digunakan untuk kegiatan fitness

Di awal tahun 1800-an, masyarakat Jerman percaya bahwa ahli senam mereka bernama Friedrich Ludwig Jahn menjadi orang pertama yang menandai awal kemunculan gym. Hal ini karena Jahn mendirikan sebuah klub senam lengkap dengan tempat latihan fisik secara kolektif yang ia namakan Turnverein

Baru kemudian gym dengan mesin-mesin modern pertama di dunia didirikan pada 1865 oleh seorang dokter ahli ortopedi bernama Dr. Gustav Zander di Stockholm, Swedia. Tempat ini tidak diberikan nama dengan embel-embel “gym”, melainkan Institut Dr. Gustav Zander. Alasannya, tempat ini didirikan Zander sebagai pusat kebugaran di mana orang-orang dapat menjalani terapi fisik dengan menggunakan mesin-mesin yang dirancang khusus olehnya untuk melatih otot-otot tubuh. 

Memasuki abad ke-20, fenomena gym berkembang pesat. Di tahun 1965, binaragawan dan pebisnis bernama Joe Gold mendirikan salah satu waralaba gym terkemuka dunia, Gold’s Gym di California, Amerika Serikat. Gold’s Gym kemudian meraih kepopuleran di AS, terutama ketika mega bintang Arnold Schwarzenegger dan binaragawan-binaragawan profesional berlatih di sana. 

Waralaba Gym Tersukses Di Dunia
Gold’s Gym sendiri diketahui sebagai salah satu waralaba gym tertua dan terpopuler di dunia dengan lebih dari 750 gym yang tersebar di 35 negara. Mengutip situs resminya, Gold’s Gym memiliki lebih dari 3 juta anggota (member) secara global. 

Mengutip data dari Zippia, Gold’s Gym mengantongi pendapatan sebesar US$580 juta di tahun 2024, atau sekitar Rp9,4 triliun (kurs Rp16.263). 

Waralaba gym lain yang paling populer di dunia adalah Anytime Fitness. Waralaba yang didirikan pada tahun 2002 ini menurut beberapa situs bisnis waralaba, tercatat sebagai waralaba tersukses di dunia saat ini. Menurut data Franchise Consulting, Anytime Fitness membukukan pendapatan mencapai US$1,73 miliar di tahun 2024, atau setara Rp28,1 triliun. Mengutip situs resminya, Anytime Fitness memiliki lebih dari 3.000 gym yang tersebar di lebih dari 50 negara di 7 benua berbeda. Tercatat sudah ada lebih dari 3 juta member yang mereka miliki. 

Planet Fitness juga termasuk ke dalam salah satu waralaba pusat kebugaran paling populer di dunia. Didirikan pada 1992, Planet Fitness sudah memiliki 2.741 gym secara global hingga Mei 2025 lalu, sebagaimana tercatat dalam situs resminya. Pendapatan yang diraup Planet Fitness hingga Desember 2024 mencapai US$ 1,2 miliar atau setara Rp 19,2 triliun. 


Referensi: 

  1. Smart Health Clubs. (2025). 10 Best Gym Franchises in 2025. Diakses dari: https://smarthealthclubs.com/blog/10-best-gym-franchises-in-2025/ 
  2. Health & Fitness Association. (2024). The Top 20 Franchise Brands Worldwide. Diakses dari: https://www.healthandfitness.org/improve-your-club/the-top-20-franchise-brands-worldwide/ 
  3. HFE. (n.d.). A brief history of the gym. Diakses dari: https://www.hfe.co.uk/personal-trainer/articles/a-brief-history-of-the-gym/?srsltid=AfmBOor3mwP5Uz-n8EyDRIRSZi0WvDFMdp3BwMHehJrIrZ7jZwLQHSgP 
  4. Lesmills. (n.d.) History of health clubs: How gyms have evolved through the ages. Diakses dari: https://www.lesmills.com/clubs-and-facilities/research-insights/fitness-trends/history-of-health-clubs-how-gyms-have-evolved-through-the-ages/

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar