c

Selamat

Rabu, 24 April 2024

CATATAN VALID

14 Juli 2021

13:40 WIB

Sandal dan Simbol Status Sejak Dulu

Bangsa Mesir, Yunani dan Romawi merupakan bangsa-bangsa yang menciptakan sandal

Penulis: Kevin Sihotang

Editor: Faisal Rachman

Sandal dan Simbol Status Sejak Dulu
Sandal dan Simbol Status Sejak Dulu
Ilustrasi Sandal Roman tempo dulu. Ist/dok

Jangan pernah meremehkan keberadaan sandal jepit. Meski bentuknya sederhana, perannya cukup penting sebagai alas kaki. Sandal jepit ternyata juga merupakan asal-muasal dari segala jenis sandal yang kita ketahui sekarang. 

Sandal jepit yang kita kenal sekarang, umumya terbuat dari bahan karet sintetis dengan tali karet berbentuk huruf V yang menghubungkan bagian depan dan belakangnya. Lalu bagian bawah alias solnya dibuat rata atau tidak memiliki hak, sedangkan bagian atasnya tidak memiliki penutup.

Usut punya usut, sandal pertama buatan manusia ditemukan di Mesir. Sandal tersebut dibuat dari bahan kayu dan daun papirus. Kala itu, masyarakat mesir mencetak kaki mereka di atas pasir pantai untuk membuat solnya. 

Lalu setelah sandal era Mesir, selanjutnya masyarakat Yunani membuat sandal untuk pertama kali dengan versi mereka. Sebagian besar bahan yang digunakan kala itu berasal dari Pohon Willow (di Indonesia disebut pohon Dedalu), mulai dari daun, ranting, hingga seratnya. 

Bangsa Yunani membuat sandal dengan model yang disesuaikan dengan kegiatan atau acara yang mereka lakukan. Ada sandal untuk ke pesta, untuk dipakai di rumah, atau untuk dipakai jalan-jalan. Di Yunani, sandal juga dipakai menjadi alat penentu status dan kelas sosial mereka. 

Miriplah, seperti pesohor-pesohor saat ini yang rela merogoh kocek belasan hingga puluhan juta rupiah, hanya untuk membeli sandal jepit dengan merek ternama.

selain Mesir dan Yunani, ada sandal buatan bangsa Romawi yang mengadopsi gaya sandal buatan Yunani. Modifikasi yang dilakukan oleh masyarakat Romawi terhadap sandal mereka, terlihat dari bahan yang berganti menjadi kayu, lalu terdapat tali pengikat yang dililit sampai betis. 

Sol sandalnya juga tebal dan terbuat dari kulit. Sandal ini juda dipakai oleh para prajurit Romawi untuk berperang. Sementara, para perempuan Romawi sehari-harinya menggunakan sandal dari bahan kain. 

Referensi:

Greek Sandals. (2020). The history of ancient greek sandals: a journey from antiquity to the present. Diakses dari: https://greek-sandals.com/the-history-of-ancient-greek-sandals-a-journey-from-antiquity-to-the-present/

M., Zaenuddin H. (2015). Asal-Usul Benda-Benda di Sekitar Kita: Tempo Doeloe. Jakarta: CHANGE.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar