c

Selamat

Sabtu, 27 April 2024

CATATAN VALID

08 November 2022

12:19 WIB

Jepang, Negara Dengan Vending Machine Terbanyak

Meski jumlahnya kian berkurang dari tahun ke tahun, vending machine di negara ini masih yang terbanyak dibanding negara-negara lainnya.

Penulis: Gisantia Bestari

Editor: Faisal Rachman

Jepang, Negara Dengan <i>Vending Machine</i> Terbanyak
Jepang, Negara Dengan <i>Vending Machine</i> Terbanyak
Pengunjung membeli minuman dari vending machine saat musim panas di Kyoto, Jepang. Shutterstock/Fillbert Njoko

Menjual produk tidak melulu harus dilakukan di sebuah toko atau gerai. Sejak beberapa dekade lalu, sebelum muncul marketplace atau loka pasar di dunia online, untuk membeli sebuah produk ritel, orang bisa melakukannya di sebuah mesin penjualan otomatis atau vending machine. 

Dengan memasukkan uang seharga produk yang akan kita beli, pilih produk dengan menekan tombol atau layar sentuh, mesin akan mengeluarkan produk yang kita inginkan tersebut dengan singkat. 

Saat ini, vending machine sudah hadir di banyak negara, dengan mata uang domestik dan produk yang makin beragam. Namun, ada satu negara yang tampak begitu tergila-gila dengan vending machine. Negara tersebut adalah Jepang. 

Pada 2021, jumlah vending machine yang terpasang di negara ini mencapai sekitar 4 juta mesin dan lebih dari 2 juta di antaranya merupakan vending machine minuman. 

Meski kini jumlahnya kian berkurang dari tahun ke tahun, vending machine di negara ini masih yang terbanyak dibanding negara-negara lainnya.

Perbandingannya, satu vending machine diperuntukkan bagi 25-30 orang penduduk Jepang. Vending machine tersebar di hampir seluruh sudut jalanan urban, gedung perkantoran, stasiun kereta, hingga kawasan pedesaan. Tak jarang, lebih dari dua unit mesin diletakkan bersebelahan di satu lokasi yang sama. 

Tak hanya aneka minuman, seperti soda, teh, jus, kopi, dan minuman energi, di Jepang produk lain seperti es krim, mi instan, nasi, hingga kamera disposable, bisa kita temukan pada vending machine

Bahkan, ada pula vending machine yang menjual omikuji, yakni secarik kertas berisi ramalan keberuntungan. Vending machine omikuji biasanya ditemukan di kuil-kuil. 

Vending machine Jepang menerima uang dalam bentuk koin 10, 50, 100, dan 500 yen. Bisa juga dengan uang kertas 1000 yen. 

Selain itu, pembayaran juga dapat menggunakan kartu Integrated Circuit (IC Card), yakni kartu yang juga bisa dipakai untuk membayar transportasi umum, belanja, hingga makan di restoran. 

Ada sejumlah alasan Jepang punya begitu banyak vending machine. Salah satunya, tingkat kriminalitas yang rendah. Meski vending machine ditempatkan di area sepi, hampir tak ada yang berniat untuk merusak dan membobolnya. 

Alasan lainnya, negara Jepang terkenal dengan penduduknya yang sibuk bekerja dengan waktu kerja yang panjang. Hal ini membuat mereka menginginkan sesuatu yang praktis dan tak membuang banyak waktu. 

Vending machine menjadi solusi bagi para pekerja ini. Terakhir, harga produk-produk pada vending machine relatif murah. 

Nah, jika kamu orang yang sibuk dan ingin serba cepat, vending machine mungkin bisa jadi pilihan tepat untukmu.

Referensi:
Japan Guide. (2022). Vending machines https://www.japan-guide.com/e/e2010.html diakses 19 Oktober 2022.
JW Web Magazine. (2022). Vending Machines in Japan https://jw-webmagazine.com/vending-machines-in-japan/ diakses 19 Oktober 2022.
The Japan Times. (2022). Out of the box: Japan's vending machines get a modern makeover amid pandemic https://www.japantimes.co.jp/news/2022/05/09/business/japan-vending-machines/ diakses 19 Oktober 2022.

 


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar