• Beranda
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Kultura
  • Indeks
  • Beranda
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Kultura
  • Indeks
  • Beranda
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Kultura
  • Indeks
  • Ekonomi

Perkembangan dan Inovasi Brand Otomotif di Masa Pandemi

Fokus industri otomotif semakin memberikan perhatian terutama ke pasar negara berkembang di Asia Tenggara
21 Januari 2021 , 21:00
Mercedes-Benz EQC 4x4. (ANTARA/Mercedes-Benz)
Mercedes-Benz EQC 4x4. (ANTARA/Mercedes-Benz)

JAKARTA - Pembatasan atas kontrol pergerakan yang ketat selama pandemi covid-19 diperkirakan akan menghantam industri otomotif di pasar Asia Tenggara. Namun, hasil studi Isentia menunjukkan sebaliknya. 

Transisi dari 2020 ke 2021 semakin menarik karena fokus industri otomotif semakin memberikan perhatian terutama ke pasar negara berkembang di Asia Tenggara.

“Dapat dikatakan bahwa pasar negara berkembang di Asia Tenggara adalah kunci penting bagi pertumbuhan berkelanjutan industri otomotif, karena pembelian kendaraan global terus meningkat. Khususnya karena pembatasan di angkutan umum, termasuk tindakan jarak sosial pada situasi pandemi saat ini menjadi faktor yang mendorong calon pembeli menjadi pemilik mobil yang setia,” kata Lady Ochel Espinosa selaku Regional Insights Manager for Emerging Markets, Isentia Asia Tenggara dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (21/1).

Tidak hanya untuk kemudahan mobilitas, lanjut dia, tetapi juga faktor-faktor seperti kenyamanan dan terutama keamanan mempengaruhi keputusan pembelian.

Isentia mengungkap data analisis media terkait industri dan brand otomotif dari percakapan sosial dan pemberitaan jurnalisme digital pada kuartal terakhir tahun 2020, yakni periode 1 Oktober 2020 hingga 15 November 2020.

Adapun beberapa temuan di pasar utama Asia Tenggara saat tahun 2021 dimulai, yakni peluncuran mobil baru di tengah krisis covid-19. Terlepas dari situasi pandemi, produsen mobil terus mendorong momentum dengan meluncurkan berbagai model mobil.

Sejalan dengan kebutuhan akan jarak sosial untuk keselamatan, BMW Indonesia, misalnya, menggelar virtual launching M2 Edition by Futura 2000. Bahkan pihaknya telah menghadirkan unit mobil anyar dengan menggunakan box berukuran container sebagai antisipasi.

Nissan Indonesia serta Mazda Indonesia, juga berkontribusi dalam posting dan liputan peluncuran mobil di tengah terbatasnya pergerakan di tanah air.

Di sisi lain, Honda juga melakukan peluncuran produk di Malaysia, Filipina, Thailand. Toyota pun tak mau kalah dengan peluncurannya di Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

“Di Singapura, kami mengamati meningkatnya minat pada mobil listrik karena pemerintah mendorong berbagai inisiatif untuk mendorong adopsi dini. Para netizen aktif berpartisipasi dalam diskusi yang membandingkan penawaran pabrikan mobil listrik, seperti Tesla dan BYD, serta peluncuran baru pabrikan tradisional, seperti BMW,” tambah Senior Insights Manager Isentia Singapura, Jenna Wang.

Strategi Memikat Pelanggan

Sebagai pendorong utama PDB di banyak negara, beberapa pemerintah telah menawarkan bantuan kepada perusahaan di industri mobil yang terkena dampak covid-19. Dengan demikian, produsen mobil di sekitar Asia Tenggara telah beralih ke inovasi sebagai cara untuk meningkatkan penjualan kendaraan mereka.

Mengingat perlambatan ekonomi saat ini, merek mobil di Indonesia menggunakan cara menarik untuk meningkatkan penjualan mobil. Seperti Mercedes-Benz Indonesia yang menandai hari jadinya yang ke-50 dengan sebuah acara di pabrik Wangherang di Bogor, Jawa Barat, dan menampilkan dua kendaraan SUV kelas atas rakitan lokal yang populer di pasaran.

Di Malaysia, Mercedes-Benz, bersama Hap Seng Star, meluncurkan dealer mobil Autohaus pertama dengan butik-butik mewah di pasar, yang bertujuan untuk menyediakan rangkaian desain dan aksesori eksklusif Mercedes Benz kepada pelanggan dan mobil mereka.

“Segmen otomotif di Malaysia mengalami pemulihan bertahap meskipun ada beberapa tantangan utama, seperti persetujuan pinjaman yang lebih ketat dari lembaga keuangan dan lingkungan valuta asing yang tidak menguntungkan," jelas Associate Insights Director Isentia Malaysia, Ho Paik San.

Dengan peluncuran mobil baru seperti Proton X50 dan All-New Honda City, ujarnya, konsumen tetap mendapatkan insentif untuk memanfaatkan paket stimulus pemerintah termasuk pembebasan pajak penjualan mobil hingga akhir tahun 2020.

Di Filipina, Morris Garages (MG) Filipina bermitra dengan pemenang Miss Universe Filipina dalam kompetisi untuk mendapatkan kesempatan memenangkan satu mobil MG baru.

Sedangkan, Mazda Vietnam menggelar promosi besar-besaran terhadap semua mobil yang ada dan mobil edisi khusus untuk merayakan ulang tahun ke-100 merek tersebut dan ulang tahun ke-10 kerja sama Thaco-Mazda.

Brand Otomotif Terpopuler

Berdasarkan pemberitaan digital di Indonesia, Suzuki berada di urutan pertama brand terpopuler dengan adanya moto GP dengan Joan Mir (2,435 buzz).

Disusul oleh Toyota, sehubungan dengan Toyota Crown yang bakal berevolusi jadi SUV dan pemberitaan terkait Toyota yang menguasai pasar penjualan mobil nasional Januari-Oktober 2020 (2,254 buzz).

Lalu, ada BMW yang banyak meluncurkan mobil di tengah pandemi covid-19 dengan pergerakan terbatas di Indonesia (879 buzz). Daihatsu menjadi trending di nomor empat dengan topik sehubungan perawatan bagi kendaraan Daihatsu (842 buzz). Serta terakhir, Hyundai dengan pembahasan seputar peluncuran mobil listrik (100 buzz).

Sementara jika ditinjau dari social media buzz, urutan pertama masih dengan Suzuki terkait Joan Mir sebagai pengendara di Moto GP (10,590 buzz). Diikuti oleh Toyota yang diramaikan netizen dengan review dari Toyota Kijang tiga Pintu (10,364 buzz).

Selanjutnya, BMW yang berkontribusi pada posting dan liputan tentang peluncuran mobil selama periode analisis ini (4,659 buzz). Dan terakhir, Nissan yang meluncurkan mobil baru Nissan Kicks yang sukses membuat warga RI penasaran (4,238 buzz). (Fitriana Monica Sari)

  • Share:

Baca Juga

Nasional

Wapres: Peraturan Pengadaan Vaksin Mandiri Akhir Maret

  • 26 Februari 2021 , 16:23
Ekonomi

Inovasi Penting Dorong Pemulihan Ekonomi di Asia Timur

  • 25 Februari 2021 , 20:43
Kultura

Dana Darurat Dan Transaksi Digital Jadi Favorit Di Masa Pandemi

  • 24 Februari 2021 , 19:38

Tulis Komentar

Lupa Password?

ATAU

MASUK DENGAN

Facebook
Google+
Belum memiliki Akun? Daftar Sekarang

Belum ada komentar.

Vista

Penggugah Seni Tradisi Dari Kolong Rumah


  • Terbaru

Abai Terbuai Euforia Vaksin
27 Februari 2021 , 18:00

Vaksin bukanlah ramuan kebal yang paripurna memproteksi tubuh dari paparan virus corona. Protokol kesehatan tetap harus diterapkan meski sudah divaksin

3 Tips Sederhana Kelola Sampah Di Rumah
27 Februari 2021 , 17:48

Jika tidak punya kebun, berikan pupuk kompos dari sampah organik Anda ke tetangga atau menjualnya

KPK Sudah Sering Diminta Usut Indikasi Korupsi Di Sulsel
27 Februari 2021 , 17:35

Hari ini, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dicokok KPK

Abai Terbuai Euforia Vaksin
27 Februari 2021 , 18:00

Vaksin bukanlah ramuan kebal yang paripurna memproteksi tubuh dari paparan virus corona. Protokol kesehatan tetap harus diterapkan meski sudah divaksin

Moncer Akibat Tren ‘Gandrung’ Interior
26 Februari 2021 , 21:00

Dari tumpukan limbah furnitur, Woodsluck memulai geliat usaha

Mendamba Panggung Di Depan Mata
25 Februari 2021 , 21:00

Memindahkan pertunjukan seni offline ke online tak mudah, Pelaku dan penonton merasa ada yang hilang

Bertaruh Tumbuh Pada Vaksin
23 Februari 2021 , 20:34

Tak meratanya ketersediaan vaksin bisa menjadi pengganjal pencapaian target pertumbuhan ekonomi

Jalan Sunyi Kusir Dokar
22 Februari 2021 , 21:00

Pembatasan membuat mereka terusir dari wilayah wisata dan pemukiman

Harap Tinggi Dari Subsidi Kian Mini
20 Februari 2021 , 18:00

Isu pendataan selalu menjadi penting dalam penyaluran bantuan

Terlanda Kewarganegaraan Ganda
19 Februari 2021 , 21:00

Sistem pendataan tak mendukung rezim kewarganegaraan Indonesia

  • Fokus
  • Paradigma

Literasi, Jurus Ampuh Menangkal Hoaks
25 Februari 2021 , 11:24

Tingginya intensitas penggunaan internet tidak berjalan beriringan dengan tingginya indeks literasi digital

Perlunya Membangun Gerakan Moral Sadar Pandemi
24 Februari 2021 , 18:30

Manfaat yang diperoleh khalayak luas dari vaksinasi, harusnya menjadi pemikiran moral menepiskan ego menolak vaksin

Tingkat Persepsi Masyarakat Terhadap Vaksinasi Covid-19
18 Februari 2021 , 19:00

Persepsi masyarakat terhadap vaksinasi covid-19 penting guna menurunkan penyebaran penyakit

PSBB Total, MRT Lakukan Penyesuaian Operasional
14 September 2020 , 10:47

Ada pembatasan jumlah penumpang menjadi 62 -67 orang dalam satu kereta

BERSAMA BIJAK TANGGAPI BENCANA

Urgensi Ketegasan Dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia
27 Maret 2020 , 20:00

Ada indikasi bahwa pemerintah seolah gamang, dalam mengambil tindakan tegas untuk penanganan Covid-19

MENYESAP BAHAGIA DENGAN BERDERMA

Tren Filantropi dan Potensi Kebaikan Hati
03 Februari 2020 , 18:19

Tren Filantropi dan Potensi Kebaikan Hati

 
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer & Privacy Policy
  • Kontak
© Copyright validnews.co. All rights reserved.