• Beranda
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Kultura
  • Indeks
  • Beranda
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Kultura
  • Indeks
  • Beranda
  • Ekonomi
  • Nasional
  • Kultura
  • Indeks
  • Ekonomi

Kulik Potensi Bangun City Branding

Survei persepsi masyarakat dalam membangun identitas kawasan sangat dibutuhkan
29 September 2020 , 18:44
Foto udara Kawasan Wisata Kota Tua di Jakarta, Minggu (31/5/2020). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan protokol normal baru pariwisata dengan konsep Cleanliness, Health and Safety (CHS) yang nantinya akan diterapkan ketika suatu daerah telah dinyatakan siap untuk membuka kembali destinasi wisata. ANTARAFOTO/Hafidz Mubarak A
Foto udara Kawasan Wisata Kota Tua di Jakarta, Minggu (31/5/2020). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyiapkan protokol normal baru pariwisata dengan konsep Cleanliness, Health and Safety (CHS) yang nantinya akan diterapkan ketika suatu daerah telah dinyatakan siap untuk membuka kembali destinasi wisata. ANTARAFOTO/Hafidz Mubarak A

JAKARTA – Upaya memperkuat citra pariwisata sebuah daerah, salah satunya diwujudkan melalui pembentukan identitas kawasan tersebut.

Praktisi Strategi Branding, Kandi Windoe menuturkan bahwa untuk membangun identitas sebuah kabupaten/kota, bisa dimulai dari mengulik dan menggali kekayaan yang dimiliki. Mulai dari sejarah, potensi kebudayaan, hingga kesenian dari daerah tersebut.

"Saat kita sudah mengumpulkan dan merumuskan semuanya, kita dapat membangun persepsi sehingga audience bisa menikmati manfaat produk yang kita berikan," kata Kandi dalam webinar bertajuk 'Menciptakan Identitas Destinasi Dan Kota' di Jakarta, Selasa (29/9).

Dalam merumuskan potensi tersebut, Kandi menuturkan kabupaten/kota harus dapat menyusunnya secara terintegrasi. Nilai otentik di dalamnya dikedepankan, untuk menambah daya tarik.

Dalam mengulik potensi yang dimiliki, kolaborasi antar berbagai hal perlu dilakukan. Baik lintas kota, budaya, hingga disiplin ilmu.

"Harus didapatkan juga keunikannya, perbedaannya, ini yang bisa dijadikan sarana kolaborasi bersama," tandas Kandi.

Kemudian, faktor storytelling diperlukan saat menyajikan semua sisi potensi kekayaan sebuah kabupaten/kota kepada audience.

Ada beberapa hal bisa dicapai lewat penguatan branding kota atau kabupaten sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah membangun kepercayaan. Khususnya di masa pandemi seperti saat ini harus diberikan jaminan bahwa sebuah kota/kabupaten aman dan nyaman.

Penyusunan citra pariwisata tak hanya menyangkut saat ini. Namun, juga di masa mendatang. "Tentu harus disusun pula visi ke depannya. Misalnya, Kota Surakarta dan Kabupaten Gianyar akan jadi apa pada tahun 2025," jelas Kandi.

Untuk itu, diperlukan survei persepsi masyarakat terhadap kawasan yang akan dibangun identitasnya sehingga diketahui bagaimana wilayah itu dikenal.

Namun, persepsi yang kurang cocok yang muncul dalam survei tidak bisa disalahkan begitu saja. Pasalnya, tidak semua konsumen memahami seluk-beluk dari sebuah kabupaten/kota. Hal itu membuat peran strategi komunikasi sangatlah vital dalam memperkaya pengetahuan konsumen terhadap potensi sebuah daerah.

"Menunya sangat banyak. Kita bisa memainkan brand elemen apakah itu ke karya seni rupa, seni tari, start up, atau musik. Kita harus bisa gali semua itu," ujarnya. (Yoseph Krishna)

  • Share:

Baca Juga

Ekonomi

KKP dan Pemda Rencana Bangun Shrimp Estate di Aceh Timur

  • 13 Januari 2021 , 09:18
Kultura

Inovasi Samsung Untuk Better Normal For All

  • 12 Januari 2021 , 20:13
Nasional

BMKG: Waspada Potensi Gelombang Tinggi

  • 07 Januari 2021 , 10:01

Tulis Komentar

Lupa Password?

ATAU

MASUK DENGAN

Facebook
Google+
Belum memiliki Akun? Daftar Sekarang

Belum ada komentar.

Vista

Ironi Si Pengolah Sandi


  • Terbaru

KKP Dorong Penetapan Tiga Kawasan Konservasi Di Kalimantan
23 Januari 2021 , 18:00

BPSPL Pontianak akan melakukan penilaian evaluasi efektivitas pengelolaan di delapan kawasan konservasi yang sudah ditetapkan dan melakukan pendataan jenis ikan terancam punah

Total Penyebaran Covid-19 di Indonesia Hampir Sejuta
23 Januari 2021 , 18:00

Angka kesembuhan capai 791.059. Angka kematian mendekati 28 ribu jiwa

Menjaga Asa Tanpa Laga
23 Januari 2021 , 18:00

Pandemi membuat suporter tidak lagi bisa memenuhi tribun stadion. Hanya kecintaan terhadap tim kesayanganlah yang membuat mereka tetap bertahan, meski tanpa kepastian

Menjaga Asa Tanpa Laga
23 Januari 2021 , 18:00

Pandemi membuat suporter tidak lagi bisa memenuhi tribun stadion. Hanya kecintaan terhadap tim kesayanganlah yang membuat mereka tetap bertahan, meski tanpa kepastian

PELUANG USAHA

Modal Minim Bisnis Reparasi Kereta Angin
22 Januari 2021 , 20:22

Peluang laba dari pengelolaan bengkel sepeda masih terbuka lebar meski tren kemudian turun

Buah Senarai Samar Kompetisi
21 Januari 2021 , 21:00

Kelanjutan kompetisi masih tanda tanya. Beban klub tak tersolusikan

Kandas Laba Dari Olahraga
19 Januari 2021 , 21:00

Tak semua cabor bisa diadakan online. Faktor sponsor tetap menentukan

Bertabur Teman Baru Di Tengah Pandemi
18 Januari 2021 , 21:00

Pembatasan selama pandemi ini rentan memunculkan perasaan keterisolasian

Mencari Pengganti Kedelai
16 Januari 2021 , 18:00

Protein nabati pada kedelai paling lengkap. Rasanya membuat sulit tergantikan

Makanan Beku Untuk Kondisi Tak Menentu
15 Januari 2021 , 21:00

Sekitar 60% orang Indonesia lebih banyak ngemil selama pandemi dibandingkan sebelumnya

  • Fokus
  • Paradigma

Gaya Hidup Sehat Dan Bisnis Apparel Yang Melesat
21 Januari 2021 , 18:38

Pada masa pandemi, tampilan kasual yang dipengaruhi gaya sporty, akan tetap penting bagi pelanggan, khususnya Gen Z.

Menelisik Tren Mobil Listrik
18 Januari 2021 , 13:00

Mobil listrik mulai dilirik. Namun baru sebagian kelompok yang mampu menjamahnya. Selain faktor harga, ketersediaan fasilitas pendukung teknologi ini juga jadi pertimbangan calon konsumennya.

Krisis Repetitif Kedelai
15 Januari 2021 , 16:00

Tingkat konsumsi kedelai masyarakat Indonesia mengalami rata-rata pertumbuhan sebesar 7,97 kg/kapita/tahun

PSBB Total, MRT Lakukan Penyesuaian Operasional
14 September 2020 , 10:47

Ada pembatasan jumlah penumpang menjadi 62 -67 orang dalam satu kereta

BERSAMA BIJAK TANGGAPI BENCANA

Urgensi Ketegasan Dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia
27 Maret 2020 , 20:00

Ada indikasi bahwa pemerintah seolah gamang, dalam mengambil tindakan tegas untuk penanganan Covid-19

MENYESAP BAHAGIA DENGAN BERDERMA

Tren Filantropi dan Potensi Kebaikan Hati
03 Februari 2020 , 18:19

Tren Filantropi dan Potensi Kebaikan Hati

 
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer & Privacy Policy
  • Kontak
© Copyright validnews.co. All rights reserved.