- Ekonomi
Kemenparekraf Dorong Optimalisasi Industri Gaming
01 Juli 2020 , 19:00

JAKARTA – Minat memainkan gim meningkat di masa pandemi covid-19. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk memaksimalkan peluang industri permainan atau gaming Indonesia.
Direktur Industri Kreatif, Film, Televisi, dan Animasi Kemenpearekraf, Syaifullah meyakini industri gaming mengalami perkembangan signifikan saat pandemi covid-19 semakin meluas.
Menilik data yang dikeluarkan Asosiasi Game Indonesia (AGI), Syaifullah menjelaskan pertumbuhan pengembang gim di Indonesia naik di kisaran 10–20% saat pandemi covid-19. Hal itu dikarenakan adanya lonjakan penggunaan platform digital di kalangan masyarakat, khususnya para penggemar gim.
Sebelum masa pandemi pun, catatan dari perusahaan penyedia data analitik industri gim dan E-Sports, Newszoo menunjukkan industri gaming di Indonesia tumbuh 40% pada 2018 jika dibandingkan tahun sebelumnya
Karena itu, ia meyakini industri tersebut berpotensi besar untuk berkembang dan bersaing dalam pasar internasional. Diketahui sepanjang 2017, pengembang aplikasi dan gim berkontribusi sekitar 1,9% terhadap PDB sektor ekonomi kreatif atau sebesar Rp19 miliar.
"Sektor ini juga dapat menyerap 44.733 tenaga kerja pada subsektor aplikasi dan gim developer pada tahun yang sama,” kata Syaiful dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/7).
Kendati demikian, Syaifullah menegaskan industri gaming juga mengalami beberapa kendala, antara lain pembajakan, keamanan siber, serta pemerataan akses telekomunikasi yang menghambat perkembangan sektor industri tersebut.
Untuk itu, AGI bersama LIPI dan Kemenkominfo tengah melakukan riset nasional untuk mengetahui kondisi terbaru dari ekosistem industri gim Indonesia.
Tak hanya itu, Syaifullah menjelaskan pihaknya juga menyiapkan berbagai dukungan supaya industri gaming di Indonesia dapat semakin meroket.
Salah satu dukungan itu ialah menghadirkan skema insentif dan menggelar event gaming, seperti Piala Presiden E-Sports pada Februari 2020 dan ajang Gim Lokal Kreasi Indonesia (Gelora 2020) yang tengah digelar.
"Kami juga sudah melihat beberapa perusahaan besar mulai serius menggarap sektor gim dengan menjadi sponsor beberapa tim E-Sports di Indonesia. Hal tersebut merupakan sinergi yang baik agar ekosistem industri gim semakin matang," ucapnya.
Profesi yang Menjanjikan
Presiden Indonesia E-sports Premier League (IESPL), Giring Ganesha meyakini bahwa sektor gaming, khususnya E-Sports bisa menjadi profesi yang menjanjikan bagi generasi muda yang kian akrab dengan perkembangan teknologi.
"Data dari IESPL di 2019 menunjukkan Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain gim aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan, sepanjang 2019 industri ini menghasilkan pendapatan sebesar US$1,04 miliar," ungkap Giring.
Giring menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat e-sports kian populer di tengah masyarakat, salah satunya ialah shifting from PC to mobile yang menggambarkan pergeseran tren bermain gim ke perangkat yang lebih sederhana.
Selanjutnya, shifting from single to multiplayer juga menjadi faktor berkembangnya E-Sports. Pasalnya, peminat gim lebih memilih bermain dengan mode multipemain agar bisa membangun semangat kebersamaan.
"Tak hanya itu, ada juga shifting from playing to watching, yang dilakukan oleh peminat gim untuk menonton pemain lain berstrategi dalam menyelesaikan sebuah gim melalui berbagai platform digital," imbuh Giring.
Eks-Vokalis Grup Band Nidji itu juga menjelaskan industri gaming punya potensi yang besar bagi Indonesia, misalnya saja pengembang dari Bandung, Agate yang merilis Valthirian Arc: Hero School Story berhasil mendulang pemasukan hingga US$1 juta.
"Jenjang karier E-Sports pun tak kalah hebatnya, banyak pemain E-Sports bertalenta yang sudah mengharumkan nama bangsa, seperti Rizki Faidan yang berhasil meraih juara satu dalam ajang PES League Asia Finals 2019 dan terkenal sebagai salah satu atlet E-Sports ternama di kawasan Asean,” pungkasnya. (Yoseph Krishna)
Tulis Komentar
ATAU
MASUK DENGAN